Back to Back Issues Page
30 hari menuju sukses
July 30, 2009
Salam Sukses,

Success: 30 days free trial

Salam Sukses Pembaca,

Apakah saat ini Anda memiliki kebiasaan tidak menyenangkan atau lebih tepatnya kebiasaan yang menurut Anda buruk? Apakah Anda ingin menghilangkan kebiasaan tersebut?

Atau mungkin Anda merasa tidak punya kebiasaan buruk sama sekali, tetapi pada saat yang sama Anda merasa perlu membentuk sebuah kebiasaan yang lebih menunjang kesuksesan yang Anda cari?

Katakan, satu kebiasaan "buruk" yang saya tahu banyak dilakukan manusia kebanyakan yang akhirnya tidak membantu mereka untuk menikmati kesuksesan dalam hidup mereka adalah "malas mengembangkan diri".

Ya, banyak sekali manusia yang malas membaca, malas mencari tahu hal baru, malas belajar skill baru, malas berpikir yang lain dari biasanya, malas mencoba hal yang lebih menantang, dsb.

Yang semua ini kemudian menjebak mereka dalam "zona nyaman" atau "comfort zone" berkepanjangan. Kita tahu apa yang akan terjadi bila kita sudah terlena dalam zona nyaman ini bukan?

Ya, hidup kita akan mandheg. Kesuksesan lebih besar pun akan terhenti. (Anda bisa baca lagi di http://www.suksestotal.com/kata-kata-yang-mematikan-kesuksesan.html).

Baca lagi tentang Entropy dan Atrophy kehidupan di sini.

Jadi katakan Anda ingin menghilangkan kebiasaan malas ini dan menggantinya dengan sebuah kebiasaan yang lebih sukses.

Ada dua langkah yang harus dilakukan untuk ini:

1. Anda harus menghilangkan kebiasaan buruknya terlebih dahulu. Karena menurut hukum fisika, tidak ada 2 hal yang bisa menempati satu ruang secara bersamaan. Kalau kebiasaan buruk belum hilang, kebiasaan baru yang baik tidak akan bisa hidup.

2. Anda harus mengganti kebiasaan yang Anda coba untuk hilangkan tadi dengan satu kebiasaan baru, karena, masih menurut hukum fisika, sesuatu yang kosong pasti akan terisi (the Law of Vacuum). KAlau Anda menghilangkan sebuah kebiasaan buruk, tetapi tidak kemudian membentuk sebuah kebiasaan baru untuk menggantikannya, maka kebiasaan buruk tadi akan memiliki kemungkinan kembali sangat besar.

Nah, untuk melakukan kedua langkah ini dengan sangat efektif, Anda perlu menerapkan teknik yang biasa dipakai para pemasar shareware komputer misalnya, yaitu apa yang disebut 30 day free trial atau coba gratis 30 hari.

Artinya, Anda membuat komitmen penuh akan kebiasaan baru ini selama 30 hari. Full, tidak kurang tidak lebih.

Karena menurut ilmu psikologi, sebuah kebiasaan baru, cara berpikir baru, skill baru apapun akan terpatri dengan baik di dalam otak kita (dan otak kita membentuk sinaps-sinaps baru untuk mengakomodir hal baru ini) bila kita ulang-ulang melakukannya secara kontinyu tanpa putus selama jangka waktu tertentu.

Jangka waktu yang disarankan untuk mengulang-ulang skill atau kebiasaan baru tersebut biasanya 21 satu hari minimal, tanpa putus. Tetapi mari kita genapkan saja menjadi 30 hari karena ini lebih mudah untuk ditandai.

Sekali lagi tanpa putus ya. Komitmen penuh.

Okay? Anda bisa mulai sekarang dengan mengidentifikasi kebiasaan buruk yang ingin Anda hilangkan. Misalnya, malas belajar hal baru.

Lalu, identifikasi satu skill baru untuk menggantikan kebiasaan tersebut. Misalnya: harus membaca minimal 1 artikel tentang sukses dalam sehari, atau membaca 1 bab dalam buku tentang sukses yang baru Anda beli. Atau mungkin sekedar pokoknya harus menyisihkan waktu untuk membaca minimal selama 20 menit tanpa gangguan setiap harinya.

Nah, sekarang tentukan waktu untuk melakukan ini dan tandai kalender Anda. Misalnya Anda memutuskan harus membaca materi tentang sukses dan pengembangan diri setiap hari dari jam 6.30 - 7.00, dengan konsentrasi penuh, mulai hari ini. (waktu ini, untuk yang sudah pulang dari kantor adalah waktu terbaik. Saat-saat kita tenang sesudah sholat Maghrib menunggu sholat Isya' , bagi yang Muslim.)

Tandai tanggal mulai, lalu jalankan percobaan sukses 30 hari Anda ini.

Anda harus berkomitmen penuh, apapun yang terjadi, niat Anda ini harus Anda jalankan tanpa berhenti. Toh cuma 30 hari ini.

Ya, pembaca, karena ini hanya uji coba, Anda punya jaminan bahwa bila Anda tidak menyukainya, sesudah 30 hari Anda tidak harus meneruskannya. Ini membuat pikiran (bawah sadar) kita relax dan tidak berusaha menolak apa yang sedang kita lakukan. Toh cuma 30 hari ini.

Tanpa menekankan bahwa ini hanya uji coba, pikiran bawah sadar kita bisa jadi akan mencoba menyabot usaha kita ini dengan membisikkan hal-hal yang melemahkan niat kita. "Wah ini susah. Kau tidak akan bisa." atau "Kau pasti juga akan segera bosan." dsb.

Tetapi karena kita tahu ini hanya uji coba, kita punya pilihan nantinya apakah meneruskan kebiasaan yang sudah terbentuk tersebut atau tidak, kita tidak akan mengalami "resistant" atau penolakan ini.

Biasanya yang terjadi adalah, tanpa terasa, 30 hari berlalu, dan ternyata otak Anda justru sekarang siap untuk menerima kebiasaan ini sebagai sesuatu yang permanen, dengan mudahnya. Biasanya orang akan melanjutkan kebiasaan baru ini dalam hidup mereka karena merasakan keuntungannya.

Jadi, tanpa terasa dan dengan mudahnya, tanpa mengalami konflik internal, teknik uji coba gratis 30 hari ini membentuk kebiasaan sukses baru yang kemudian akan membentuk pondasi kuat untuk kesuksesan hidup Anda.

Jadi selamat mencoba ya. "30 Day Success Free Trial".

Salam sukses selalu,

SRI ASTUTI of www.suksestotal.com www.suksestotal.com

Back to Back Issues Page