Membayar Melatih Mental Kaya

by Franz, 13/04/2010 - 12:35 EDT
(Jakarta)

Mendapatkan barang gratisan bisa jadi menyenangkan, tetapi, dalam jangka panjang, bila kita terbiasa mengharapkan sesuatu yang gratis, maka bisa terbentuk dalam diri kita mentalitas miskin.

Jadi, meski mungkin terasa menguntungkan untuk mendapat sesuatu yang gratis, dalam jangka panjang ini bisa merugikan diri kita sendiri.

Kita jadi tidak percaya diri akan kemampuan kita untuk membeli sesuatu.

Lebih buruk lagi, kita bisa jadi juga tidak akan percaya pada penjagaan Tuhan atas diri kita. Tanpa kita sadari, mengharapkan mendapat apapun dengan gratisan, membuat kita menyandarkan diri pada kebaikan "makhluk" tanpa berpikir bahwa Sang Pencipta bisa saja memberi kita kemampuan untuk mendapatkan barang gratis tadi kalau saja kita mau memintanya langsung kepada-Nya.

Juga, biasanya, barang yang gratis itu jelek kualitasnya. Jadi, kalau Anda tanya saya, saya lebih memilih untuk lebih memiliki kemampuan membeli segala sesuatu, dari pada menderita kemiskinan dan hanya bisa mendapat sesuatu yang gratisan.

Comments for Membayar Melatih Mental Kaya

Average Rating starstarstarstarstar

Click here to add your own comments

Aug 22, 2011
Rating
starstarstarstarstar
Mental Kaya
by: hendhie

Mental miskin ataupun kaya adalah tergantung dari mindset yang kita tanamkan. Mendapatkan barang gratisan tidak selalu mencerminkan seseorang itu memiliki mental yang miskin.. ya, mungkin saja bagi yang memiliki mental miskin bisa saja menjadi seperti yang anda katakan. Tapi bisa jadi untuk sebagian orang yang memiliki mental kaya, itu adalah motivasi agar kita bisa menjadi orang yang juga bisa memberi...

Apr 13, 2010
Rating
starstarstarstar
Setuju dan tidak setuju.
by: Rizki

Salam Franz,

Apa yang Anda katakan mungkin benar, bahwa mendapatkan barang gratisan membuat kita terbiasa berpikir kurang/miskin.

Tetapi itu tergantung orangnya bukan?

Saya senang mendapat barang gratisan, bahkan saya mensyukurinya, tetapi itu bukan berarti saya selalu mengharapkan mendapat barang gratis.

Yang mau saya katakan adalah, apakah mentalitas kita mentalitas miskin atau kaya, itu tergantung dari bagaimana kita mengontrolnya. Bukan dari cara kita mendapatkan barang-barang.

Click here to add your own comments

Return to Mukjizat Zakat Gratis.

Return to top


Hot Articles

Misi Sukses

  • Bila Anda menemukan manfaat di website ini, pertimbangkan untuk memberi donasi. Tidak ada jumlah yang terlalu kecil untuk sebuah pemberian.

    Untuk transfer bank dalam negeri, klik di sini.

    Atau gunakan tombol PAYPAL yang praktis, cepat & aman ini.

    Terima kasih atas semua dukungan Anda.