header

Klik di sini untuk kembali ke Arsip / Daftar Pertanyaan.

Pertanyaan #3: Bagaimana agar ikhlas bersedekah?



Mbak Sri,

Saya senang sekali bisa menemukan situs ini di tengah pencarian saya untuk keluar dari krisis finansial.

Tapi saya ingin bertanya mbak.

Yang pertama, menurut Mbak Sri, gimana caranya agar bisa melupakan sedekah yang kita berikan? soalnya kalau sudah tahu bahwa sedekah akan berbalas minimal 10 kali lipat, jadinya setelah sedekah suka terbayang terus keinginan untuk mendapatkan balasan (dikarenakan kondisi keuangan yang sedang sulit). Jadinya ngarep2 gitu mbak.

Ada ga tips agar sedekah itu bisa berasa plong kayak BAB, setelah sedekah ga bertanya kapan akan dibalas dan berapa balasannya? Soalnya saya mengalami sedekah ga berbalas padahal jumlahnya besar banget, seumur hidup kayaknya baru saya sedekah sebesar itu. Tapi uang saya malah makin hari makin habis, dan akhirnya terpaksa ngutang lagi. Padahal katanya tidak akan jatuh miskin orang yang bersedekah.

Gimana tuh menurut mbak?

Yang kedua, sedekah kan harus ikhlas. Tapi kalo saya baca pengalaman orang yang dipaksa sedekah sama ustadz Yusuf Mansur, kok tetep berbalas ya? padahal dipaksa loh, udah gitu orangnya agak2 ga ikhlas gitu. Menurut mbak gimana?

Terima kasih jawabannya,

(Pertanyaan senada ini juga diajukan oleh beberapa orang, jadi nama penanyanya tidak saya sebut di sini.)

 

Salam Sukses Pembaca,

Wah, pertanyaannya "tough" juga ya. Dan meski kelihatannya hanya pertanyaan tentang sedekah, tetapi pertanyaan sebenarnya kalau saya baca dengan hati-hati pertanyaan ini adalah "bagaimana saya bisa keluar dari situasi terpuruk saya, ya kan?"

Jadi jawaban saya juga tidak akan sekedar membahas tentang aspek sedekahnya saja.

Sedekah hanyalah satu kunci untuk membuka jalan ke kehidupan Mas yang lebih baik, insya'allah.

Kunci keduanya (bila Mas memakai sistem yang saya ajarkan ini, yang saya tahu pasti ampuh untuk membantu hidup kita) adalah MEMINTA.

Sudahkah Mas meminta apa yang Anda inginkan dalam hidup ini?

Sudahkah Mas membuat list/daftar apa saja yang Mas perlukan agar hidup Mas terasa lebih baik.

Mengenai sedekahpun Mas bisa minta:

Mas bisa tulis seperti ini contohnya:

  1. Saya ikhlas dengan sedekah yang saya berikan.
  2. Saya tahu sedekah saya membawa kebaikan kepada saya.
  3. Saya menerima pertolongan Tuhan setiap saat saya perlukan.
  4. Saya selalu dalam penjagaan, perlindungan dan pemberian Allah swt.
  5. Saya selalu dibimbing untuk membuat keputusan terbaik dalam hidup saya.
  6. Dsb.

Hal-hal seperti tersebut masih saya minta SETIAP HARI sampai sekarang. Dan Mas juga bisa lakukan hal yang sama untuk hidup Mas.

Karena apapun yang terjadi dalam hidup kita tidak lepas dari KEHENDAK-NYA, jadi pastikan kita "bekerja sama" dengan-NYA pada saat penciptaan dengan menyebutkan dengan pasti apa yang kita inginkan untuk DIA ciptakan.

Bila Mas berpenghasilan kecil, tulis:

-- Aku memiliki penghasilan yang besar dan bisa diandalkan.

Bila Mas belum memiliki pekerjaan, tulis:

-- Aku memiliki pekerjaan yang bagus.

-- Aku memiliki penghasilan yang layak.

-- Hidupku indah dan menyenangkan.

-- Aku menikmati hidupku ini.

-- dan sebagainya

Apapun itu yang membuat hidup Mas terasa lebih baik dan pikiran Mas lebih tenang, coba mintalah dengan menuliskannya.

Mintalah sebanyak-banyaknya. (Bagaimana meminta juga saya bahas lebih lanjut di website saya).

Yang kedua:

Tips praktis yang bisa Mas terapkan saat ini juga adalah dengan menulis semua hal BAIK & MENYENANGKAN yang TELAH terjadi pada Mas.

Saya menyebutnya "Gratitude Journaling" atau jurnal syukur,

Ini saya lakukan biasanya bila saya mengalami saat-saat paling genting. Ini selain "memaksa" kita untuk mensyukuri apa yang telah diberikan-NYA pada kita, dan tidak terus mengingat-ingat apa yang BELUM diberikan-NYA, juga membantu kita untuk meyakini bahwa sebenarnya kita selalu DIJAGA-NYA.

Lihat saja hal-hal baik yang telah diberikannya pada kita, yang kita tuliskan itu.

Khusus untuk sedekah, saya ada tips kecil yang saya lakukan sendiri dan saya ajarkan semua anak saya untuk melakukannya:

Sesudah memberi coba pergi ke satu tempat yang sepi lalu katakan ini dengan keras (ya jangan keras-keras lah...ntar didengar orang kita dikira gila...he..he.., pokoknya asal bibir kita bergerak saja): Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah (Atau terima kasih ya Tuhan, 3 kali) Terima kasih atas imbalan 10 kali lipat dari uang ....... (sebutkan jumlahnya) yang tadi telah aku berikan kepada.......
Terima kasih. Terima kasih. Terima kasih. (bisa diucapkan sampai 3 kali)

Ucapkan dengan sungguh2, dan senyuman dari hati. Kenapa harus dilafadzkan seperti ini, karena ini membantu bawah sadar kita untuk merasa SEOLAH-OLAH imbalannya SUDAH kita terima.

Lalu bayangkan uang sejumlah sepuluh kali yang Mas berikan tadi Mas terima, WOW.. betapa senangnya.

Ini fungsi senyuman kita tadi...utnuk membantu bawah sadar kita merasakan kebahagiaannya SEKARANG, seolah imbalannya benar sudah kita terima.

Biasanya begitu saya selesai melakukan ini, saya langsung lupa akan sedekah saya, karena saya "SUDAH MERASAKAN SENANGNYA" menerima balasannya tadi...

Berikutnya, bagian kedua pertanyaan ini akan saya bahas di halaman lain. Klik di sini untuk membaca jawabannya.



Salam Sukses Selalu,

Sri Astuti

Bertanyalah maka akan dijawab.

~ God's Decree ~



Tell a Friend








©SuksesTotal.com: 2009. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.


Copyright Notice:

Hak cipta semua materi/tulisan dalam website ini adalah
milik: Sri Astuti , Copyright © 2009-2019,
(atau penulis lain yang tertera dalam byline, bila ada),
dan karenanya tidak boleh dikutip, disadur, diperbanyak,
dimuat di tempat lain, atau sejenisnya, dengan segala cara
tanpa ijin dari penulis.
All rights reserved.



straight & safe path for your life's journey
God sends you the roadsigns & makes safe the path of your wonderful life's journey.


  hot newsArticles:
Puluhan Inspirasi/Kata Mutiara tentang sukses, kekayaan dan kebahagiaan bisa Anda baca di sini. 21.5.09 (2.22 PM). SUPER NEW !
Beberapa pertanyaan menarik dari pembaca terjawab di sini. Anda bisa belajar darinya juga. 17.5.09 (10.00 PM). NEW !
Law of Attraction untuk kesuksesan hidup Anda. 2.5.09 (00.00 Midnight). NEW !
Terpaan masalah setelah memberi, meminta dan bersyukur. Kita harus bagaimana. 3.5.09 (2.56 AM). NEW !

Dapatkan, GRATIS, 7 BAB PERTAMA buku Manual Lengkap Sukses Total, FREE !!!:
Email

Name

Then


Your e-mail address is totally secure.
I use it only to send you "SUCCESS Ezine".



  • Akhirnya saya ketemu juga dengan sebuah sistem sukses yang menempatkan Tuhan pada posisi yang seharusnya, sebagai sumber dari segalanya. Sungguh indah, sebuah sistem sukses yang berlandaskan pada akidah dan iman pada Tuhan. --- Sita, Bandung.

    Sistem ini menempatkan Law of Attraction pada konteksnya lalu menjelaskannya dengan tuntas dan jelas, dengan bahasa yang membumi dan ilustrasi yang sangat gamblang sehingga tidak mungkin orang tidak paham.

    Jadi terbuka mata saya bahwa sebenarnya Law of Attraction itu bersumber dan merupakan bagian dari ajaran agama saya. --- Yusuf, Surabaya.

    Sistem ini memang sangat ampuh. Setelah saya tulis apa yang saya inginkan, yaitu diterima di sebuah universitas bergengsi di US, betul, seminggu kemudian saya mendapat surat penerimaannya.

    Padahal, ketika saya menulis itu, saya sudah dalam kondisi pasrah, karena menurut career counsellor saya, kemungkinan saya diterima di sana hanya 1 banding 300, karena nilai saya yang pas-pasan. --- Connie, Jakarta.



    [?] Langganan Situs ini

    XML RSS
    Add to GoogleAdd to My Yahoo!Add to My MSNAdd to NewsgatorSubscribe with Bloglines


    Bookmark Situs ini