header

Klik di sini untuk kembali ke Arsip / Daftar Pertanyaan.

Pertanyaan #4: Benarkah sedekah harus ikhlas?



Mbak Sri,

Pertanyaan berikutnya, sedekah kan harus ikhlas. Tapi kalo saya baca pengalaman orang yang dipaksa sedekah sama ustadz Yusuf Mansur, kok tetep berbalas ya? padahal dipaksa loh, udah gitu orangnya agak2 ga ikhlas gitu. Menurut mbak gimana?

Terima kasih jawabannya,

(Ini lanjutan dari pertanyaan sebelumnya).

 

Wah, kalau soal ikhlas, memang agak pelik ya. Soalnya ini masalah hati. Kita tidak pernah bisa menilai apakah seseorang itu ikhlas atau tidak. Jadi biarlah ini jadi urusan Tuhan saja untuk menilainya.

Sebenarnya, kalau kita cermati ayat-ayatnya, memberi memang tidak harus ikhlas kok. Apakah Allah akan mengembalikan pemberian kita atau tidak, tidak tergantung sepenuhnya dari isi pikiran kita, tapi sepenuhnya terserah DIA.

Dan selama kita telah meminta bahwa apapun yang terjadi pada kita adalah yang terbaik untuk kita, maka bisa jadi fakta bahwa pemberian kita tadi tidak langsung dikembalikan-Nya mungkin adalah juga hal yang terbaik untuk kita.

Masalahnya, kalau kita tidak ikhlas, saat-saat menunggu pengembalian tadi akan terasa lama sekali, lama dan mungkin tidak menyenangkan kalau kita sendiri sedang dalam keadaan kepepet.

Lalu kita akan merasa kesal dan, karenanya, ketika kemudian benar-benar dikembalikan oleh Allah dengan cara yang mungkin lain dari dugaan kita, kita jadi tidak mengenali pengembalian tadi, karena sudah terlanjur kesal menunggu.

Jadi saran saya, sambil "menunggu hasil investasi kita kembali", Mas teruslah meminta, menikmati dan mensyukuri hidup Mas yang sudah berlangsung ini.

Dan penting juga ketika Mas memberi, agar memberi sejumlah yang Mas merasa nyaman saat itu.

Kalau memang itu uang terakhir Mas, dan ada perasaan TIDAK NYAMAN MEMBERIKANNYA, ya jangan dilakukan, berikan saja sejumlah uang yang Mas merasa nyaman saja. Kita harus belajar mendengarkan isi hati. Belajar membaca intuisi. Ini penting karena sering Tuhan "bicara" sama kita melalui hati kecil kita tadi.

Jadi, kesimpulannya sistem menikmati hidup sukses yang saya ajarkan di sini memang menyeluruh, memiliki banyak aspek.

Banyak yang belum selesai saya tuliskan, misalnya satu aspek penting yang harus Mas lakukan dalam hidup ini adalah "having fun", karena hidup kita ini berlangsung sekarang..bukan nanti bila uang di tabungan kita sudah mencapai berapa M begitu...

Have fun, Mas, lakukan sesuatu yang membuat jiwa Mas merasa lepas dan bersyukur telah dikarunia hidup yang indah ini.

Ya, Mas, kita harus sayang pada diri kita sendiri juga. Lakukan sesuatu yang menyenangkan untuk diri sendiri. Jangan khawatir dengan uang. Jangan khawatir dengan hari esok. Jangan khawatir tentang apapun. Tuhan akan menjaga kita, insya'allah. Percayai ini dengan sepenuh hati.

Justru ketika MAs merasa terhimpit begini, Mas harus melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk menunjukkan bahwa Mas tidak khawatir akan hari esok, bahwa Mas sepenuhnya yakin akan penjagaan Tuhan.

Demikian jawaban saya. Mudah-mudahan membantu. Jangan segan untuk bertanya lagi dan terus mengunjungi website saya untuk materi baru.

Wasalamu'alaikum.



Salam Sukses Selalu,

Sri Astuti

Bertanyalah maka akan dijawab.

~ God's Decree ~



Tell a Friend







©SuksesTotal.com: 2009. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.


Copyright Notice:

Hak cipta semua materi/tulisan dalam website ini adalah
milik: Sri Astuti , Copyright © 2009-2019,
(atau penulis lain yang tertera dalam byline, bila ada),
dan karenanya tidak boleh dikutip, disadur, diperbanyak,
dimuat di tempat lain, atau sejenisnya, dengan segala cara
tanpa ijin dari penulis.
All rights reserved.



straight & safe path for your life's journey
God sends you the roadsigns & makes safe the path of your wonderful life's journey.


  hot newsArticles:
Puluhan Inspirasi/Kata Mutiara tentang sukses, kekayaan dan kebahagiaan bisa Anda baca di sini. 21.5.09 (2.22 PM). SUPER NEW !
Beberapa pertanyaan menarik dari pembaca terjawab di sini. Anda bisa belajar darinya juga. 17.5.09 (10.00 PM). NEW !
Law of Attraction untuk kesuksesan hidup Anda. 2.5.09 (00.00 Midnight). NEW !
Terpaan masalah setelah memberi, meminta dan bersyukur. Kita harus bagaimana. 3.5.09 (2.56 AM). NEW !

Dapatkan, GRATIS, 7 BAB PERTAMA buku Manual Lengkap Sukses Total, FREE !!!:



Email

Name

Then


Your e-mail address is totally secure.
I use it only to send you "SUCCESS Ezine".



  • Akhirnya saya ketemu juga dengan sebuah sistem sukses yang menempatkan Tuhan pada posisi yang seharusnya, sebagai sumber dari segalanya. Sungguh indah, sebuah sistem sukses yang berlandaskan pada akidah dan iman pada Tuhan. --- Sita, Bandung.

    Sistem ini menempatkan Law of Attraction pada konteksnya lalu menjelaskannya dengan tuntas dan jelas, dengan bahasa yang membumi dan ilustrasi yang sangat gamblang sehingga tidak mungkin orang tidak paham.

    Jadi terbuka mata saya bahwa sebenarnya Law of Attraction itu bersumber dan merupakan bagian dari ajaran agama saya. --- Yusuf, Surabaya.

    Sistem ini memang sangat ampuh. Setelah saya tulis apa yang saya inginkan, yaitu diterima di sebuah universitas bergengsi di US, betul, seminggu kemudian saya mendapat surat penerimaannya.

    Padahal, ketika saya menulis itu, saya sudah dalam kondisi pasrah, karena menurut career counsellor saya, kemungkinan saya diterima di sana hanya 1 banding 300, karena nilai saya yang pas-pasan. --- Connie, Jakarta.



    [?] Langganan Situs ini

    XML RSS
    Add to GoogleAdd to My Yahoo!Add to My MSNAdd to NewsgatorSubscribe with Bloglines


    Bookmark Situs ini