Pertanyaan tentang Sedekah Efektif




Pertanyaan:

Salam Sukses,

Saya telah lama mempraktekkan giving, terutama dengan memberikan sedekah kepada orang lain.

Namun sering sekali saya masih terus mengingat berapa jumlah yang saya beri dan kepada siapa saya memberinya. Karena pada saat saya mengingat kembali momen saat saya melakukan giving tersebut, di hati saya seperti merasakan kembali rasa nikmat dan terharu saat saya melakukan giving, dan saya juga merasakan rasa bahagia krn saya telah melakukan giving.

Dan karena saya selalu merasakan itu saat saya ingat giving yg telah saya lakukan, diri saya seperti termotivasi untuk melakukan giving lagi bahkan dgn jumlah yg lebih banyak, karena nikmat bathin yg saya alami.

Apakah hal tersebut salah? Maksud saya, masih mengingat dan tidak melupakan giving yang telah kita lakukan?

Terima kasih atas jawabannya. Wassalam,

Galih, Jkt.



Jawaban:

Salam Mas Galih,

Saya akan coba berikan jawaban untuk pertanyaan Mas.

Adalah bagus sekali bila Anda sudah memiliki kebiasaan memberi, karena kita tahu memberi adalah langkah awal kita untuk bisa menerima.

Untuk menilai apakah segala sesuatu yang kita lakukan efektif atau tidak, termasuk memberi yang Mas lakukan dan fakta bahwa Mas tidak bisa melupakan pemberian tersebut, kita bisa memakai paling tidak dua patokan berikut.

1. Patokan pertama, perasaan positif.

Apapun yang kita lakukan, bila itu menimbulkan perasaan positif, yang membuat kita serasa terhubung dengan Sang Pencipta kita, maka itulah tandanya bahwa tindakan tersebut betul dan benar. Karena pada dasarnya, kita semua sudah dan selalu dalam bimbingan Allah SWT melalui mata hati, nurani, insting dan perasaan kita.

Begitu juga tindakan memberi. Jika memberi yang Mas lakukan menimbulkan perasaan positif seperti rasa bahagia, rasa tenang, rasa nikmat batin dan rasa syukur mendalam yang timbul karena ternyata kita masih diberi kemampuan untuk menolong orang lain, maka bisa dikatakan memberi tersebut efektif dan insya'allah akan membawa dampak positif kepada kesuksesan hidup kita.

Demikian juga tindakan mengingat pemberian yang kita lakukan pada waktu-waktu dahulu. Bila mengingat-ingat ini menimbulkan perasaan positif, bahkan bisa mendorong kita untuk melakukannya lagi dan lagi dengan lebih baik, maka ini juga pertanda bagus.

2. Patokan kedua, perbaikan dalam kehidupan kita.

Menurut Hukum Universal, semua yang kita lakukan, kita pikirkan dan kita rasakan akan menarik kepada kita imbalan yang setimpal. Segala sesuatu ada balasannya, ada efeknya.

Jadi bila apa yang kita lakukan, kita pikirkan serta rasakan memang positif, maka dari hari ke hari kehidupan kita juga pasti akan makin membaik.

Kehidupan kita akan terasa makin menyenangkan dan bermakna. Keberhasilan di beragam hal akan kita rasakan. Kehidupan perekonomian kita membaik. Dan sebagainya.

Ini janji Tuhan, terutama dengan memberi, bahwa Dia jelas menjanjikan kebaikan untuk segala pemberian kita.

Jadi, silahkan cermati kehidupan Mas sendiri untuk mengukur keefektifan segala tindakan Mas serta ketepatan segala pikiran Mas.

Bila dari hari ke hari ada pertumbuhan (growth) dalam kehidupan kita (pertumbuhan yang positif tentu saja), maka bisa dikatakan kita telah berada di jalur yang benar untuk segala tindakan, pikiran dan perasaan kita.

Bila Mas sudah rutin memberi, mau tidak mau Mas pasti juga sudah akan menerima. Ini Hukum Alam juga, bahwa yang memberi pasti menerima.

Jadi begitu jawaban saya.

Terima kasih dan salam sukses selalu untuk Anda.


astuti's signature

send this page to a friend


New! Komentar

   orang telah memberi komentar. Sekarang giliran Anda.

Return to top




Return to top


©SuksesTotal.com: 2009. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.


Copyright Notice:

Hak cipta semua materi/tulisan dalam website ini adalah
milik: Sri Astuti , Copyright © 2009-2019,
(atau penulis lain yang tertera dalam byline, bila ada),
dan karenanya tidak boleh dikutip, disadur, diperbanyak,
dimuat di tempat lain, atau sejenisnya, dengan segala cara
tanpa ijin dari penulis.
All rights reserved.

Hot Articles

Hot News

  • Unique Visitors dari Agustus 09:

Misi Sukses

  • Bila Anda menemukan manfaat di website ini, pertimbangkan untuk memberi donasi. Tidak ada jumlah yang terlalu kecil untuk sebuah pemberian.

    Untuk transfer bank dalam negeri, klik di sini.

    Atau gunakan tombol PAYPAL yang praktis, cepat & aman ini.

    Terima kasih atas semua dukungan Anda.


Bergabung

  • Dapatkan, GRATIS, 7 BAB PERTAMA buku Manual Lengkap Sukses Total, FREE !!!:
    Email

    Name

    Then


    Your e-mail address is totally secure.
    I use it only to send you "SUCCESS Ezine".